BOWMANZ WEB

HEBOH!!! Orang Mojokerto Punya Blog...

Teknik Dasar Belajar Melodi


Bisa bermain gitar sekedar “jrang-jreng-jrang-jreng” memang ngebosenin. Saya bukan guitaris professional, tapi saya cukup mengerti teknik dasar melodi beserta nada-nada yang ada pada gitar meski untuk skiil saya masih kuwalahan. Atau pun sudah hapal semua kunci/chordnya tapi tidak tahu letak do-re-mi nya.

Nah sekarang mari kita mempelajari dan berlatih bersama biar pengetahuan kita mengenai nada gitar tidak cuma itu-itu saja.
Perhatikan gambar di atas tadi, gambar tersebut adalah sebuah contoh stang gitar dengan kotak-kotak berwarna yang jika di tekan dan dipetik menghasilkan suara yang berbeda-beda setiap kotaknya (kolom dan senar pada gitar). Tapi untuk jenis nada, sebenarnya hanya 12 suara berbeda ( E sampai D#) yang lainnya berbeda hanya pada tinggi rendahnya saja tapi nadanya sama. Secara berurutan dari yang terendah adalah senar no.6,5,4,3,2,1. Perhatikan juga pada baris teratas dan terbawah warnanya sama persis tapi tidak untuk labelnya, itu berarti nadanya sama tapi tinggi rendah berbeda.

Untuk memudahkan belajar gitar (melodi) disini kita akan menggunakan nada yang rendah-rendah saja yaitu G. Mulai pada senar no.6 kolom 3, tekan senar tersebut dan coba bunyikan. Cukup rendah bukan? Kemudian, A-B-C-D-E-F#-G1 hingga bila dilakukan secara berurutan menghasilkan bunyi yang bernada do-re-mi-fa-sol-la-si-doo.

Selanjutnya untuk latihan picking (teknik memakai pick) dan melemaskan jari-jari tangan kita, Bunyikan secara berurutan sbb:

Jika melihat table cara di bawah dan dibayangkan, mungkin akan terasa ruwet dan sulit tentunya. Tetapi bila di praktekkan maka tidak akan sesulit yang terbayang kok. Jadi, monggo dicoba, tapi untuk para guitaris professional mohon jangan diteruskan mbacanya yaa…??


NB : Untuk yang kidal, table di atas bisa di balik kanan dan kirinya.

Lakukan cara tersebut di atas berulang-ulang dari no.1-15 dan jika sudah menguasai lakukan lagi dari langkah 1-15 kemudian dilanjutkan dengan 14-1 dengan aturan yang sama (table).

Agar lebih jelas langkah-langkahnya adalah: 1-2-3-4-………-13-14-15-14-13-……..-4-3-2-1.

Jadi tidak ada yang terpetik dua kali. Lakukan berulang-ulang dengan teratur sebisa anda dan secepat mungkin tapi harus teratur sesuai aturannya di atas, mudah kok. Selamat mencoba.

Berkaitan



1 komentar:

Anonim mengatakan...

they, however, give off unimaginable faculty. links of london charms The key is how to decide properly. The shape of links of london charms Earrings is connected to one’s face mold. People with triangular charms bracelets face are not apposite to bear long Links Of London Earrings with pendants links of london womens watches while studs in around identity can proffer a substance of coordination. links of london watch uk If you have an oval face, you can erode Links Of London Earrings in any style. cheap links of london rings Please never try too long, too small or too big ones.

Posting Komentar

Komentar Anda adalah Motivator ...

Komentator

Recent Comments